Monday, August 27, 2012

Neil Armstrong meninggal dunia




Neil Armstrong, astronot Amerika Serikat (AS) yang pertama kali menginjakkan kai di Bulan, meninggal dunia pada Sabtu (25/8/2012) pada usia 82 tahun setelah mengalami komplikasi akibat operasi jantung yang dijalaninya awal bulan ini, demikian menurut pernyataan keluarga pada Sabtu waktu setempat.

Pria yang membawa langkah raksasa umat manusia saat menapakkan kaki di permukaan Bulan pada 20 Juli tahun 1969 itu meninggal dunia 20 hari setelah peringatan ulang tahunnya pada 5 Agustus lalu.

Dalam pernyataan yang dimuat di laman resmi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), keluarga Armstrong menyatakan, "Neil Armstrong meninggal dunia setelah mengalami komplikasi akibat prosedur operasi jantung."

Armstrong meninggalkan seorang isteri, dua anak laki-laki, dua anak tiri, 10 cucu serta seorang saudara laki-laki dan perempuan.

Rekan seperjalanan Armstrong, Edwin "Buzz" Aldrin, mengatakan, "Saya dan Neil berlatih bersama sebagai mitra dan kami adalah teman baik yang akan selalu terhubung melalui partisipasi kami dalam misi Appolo 11. Setiap kali melihat Bulan saya mengingat masa empat dekade lalu ketika saya menyadari bahwa meski sangat jauh dari Bumi, kami tidak sendiri."

"Neil Armstrong adalah inspirasi bagi kami semua.... Langkah bersejarahnya di permukaan Bulan adalah landasan bagi mimpi sebagian dari kami untuk menjadi astronot," kata Kepala Astronaut Office NASA, Bob Behnken.

"Neil Armstrong adalah pahlawan, bukan hanya pada masanya, tapi sepanjang masa. Terimakasih Neil, telah menunjukkan kekuatan dari langkah kecil," kata Presiden AS Barack Obama melalui akun Twitter.

Setelah mendedikasikan diri sebagai pilot pesawat tempur, pilot penguji dan astronot, Neil Alden Armstrong sukses menjalani hidupnya sebagai pelaku bisnis dan akademisi di daerah asalnya, Ohio, serta menjadi tokoh masyarakat di Cincinnati.


#berita lainnya:
Cincinnati - Astronot legendaris Amerika Serikat yang merupakan manusia pertama yang mendarat di bulan, Neil Armstrong, meninggal dunia di usia 82 tahun karena penyakit jantung, Minggu dini hari WIB. Awal Agustus ini ia sempat menjalani operasi untuk melancarkan pembuluh darah koronernya yang tersumbat.

“Kami sangat berduka untuk menyampaikan kabar bahwa Neil Armstrong telah meninggal dunia menyusul komplikasi yang berasal dari prosedur cardiovascular,” demikian bunyi pernyataan resmi keluarga Armstrong. “Neil adalah suami, ayah, kakek, abang dan teman kami yang tercinta.

“Neil Armstrong juga seorang pahlawan Amerika yang selalu percaya dirinya hanya melakukan tugasnya. “Ia berbakti kepada negaranya dengan kebanggaan sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Laut, pilot penguji, dan astronot.

“Meski berkabung atas kepergian seorang lelaki yang sangat baik, kami juga merayakan kehidupannya yang luar biasa dan berharap semua itu menjadi contoh bahwa anak-anak muda di seluruh dunia untuk bekerja keras dan membuat mimpi mereka menjadi kenyataan, untuk bersedia mengeksplor dan berusaha hingga batas maksimal, dan untuk berbakti demi sesuatu yang lebih besar daripada diri mereka sendiri.”

Armstrong menjadi buah bibir di seluruh dunia sejak ia menjejakkan kakinya di bulan pada 20 Juli 1969 dengan pesawat Apolo 11 dan ia terkenal dengan kata-kata “satu langkah kecil bagi seorang lelaki, satu langkah raksasa bagi umat manusia.”

Pada November 2011 lalu Armstrong bersama tiga astronot lainnya menerima Medali Emas Kongresional, penghargaan tertinggi bagi warga sipil Amerika Serikat. Sekitar 600 juta orang atau seperlima dari populasi dunia saat itu menyaksikan dan mendengarkan pendaratan pertama manusia di bulan.

Pendaratan di bulan itu menandai kemenangan AS atas Uni Soviet dalam Perang Dingin di luar angkasa yang dimulai pada 4 Oktober 1957 bersamaan dengan diluncurkannya satelit Sputnik 1 milik negara komunis itu.

#VIDEO PENDARATAN MANUSIA PERTAMA DI BULAN;
Florida - Berikut adalah video pendaratan Apollo 11 di Bulan pada tahun 1969. Neil Armstrong adalah orang yang pertama mendarat di bulan, yang kemudian terkenal dengan "One small step for man, a giant leap for mankind." Berikut videonya:



Neil Armstrong, mantan astronot legendaris Amerika Serikat meninggal dunia pada usia 82 karena komplikasi penyakit pasca operasi jantung. Selama masa hidupnya, Neil banyak dikelilingi oleh fakta-fakta menarik seputarnya.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang Neil Armstrong menurut media AS yang dilansir dari Reuters:

1. Neil Armstrong dibesarkan di Ohio, Amerika Serikat. Sejak kecil minatnya sangat besar di bidang penerbangan. Neil berhasil mendapatkan izin penerbangan pada usia relatif muda

2. Setelah ikut dalam misi pertempuran udara selama perang Korea, Neil mengikuti program astronot NASA pada tahun 1962

3. Saat pertama kali menginjakkan kaki di permukaan bulan yang berdebu, Neil berkata : "Ini sebuah jejak kecil seorang manusia, sebuah lompatan besar bagi umat manusia,"

4. Denyut nadi Neil Armstrong terukur 150 denyut/menit ketika mendaratkan pesawatnya di permukaan bulan. Ketika ditanya NASA mengenai kesan pertamanya iya menjawab : "Tempat ini menarik untuk dikunjungi, saya merekomendasikannya,"

5. Sebuah kawah di bulan dinamai "Armstrong" Kawah tersebut berlokasi sekitar 48 Km dari titik pendaratan Pesawat Neil Armstrong di bulan

6. Setelah menyelesaikan misi Apollo 11, Neil Armstrong menerima tugas dari NASA yaitu menjadi Deputi Asosiasi Administrator bidang aeronautika di Kantor Riset dan Teknologi NASA. Setahun kemudian Neil menjadi Profesor Teknik di Universitas Cincinnati

7. Pada 2005, Neil sempat kecewa kepada tukang cukur rambutnya karena telah mengumpulkan sisa potongan rambutnya dalam bentuk kliping dan menjualnya seharga 3000 USD kepada kolektor. Sang kolektor menolak untuk mengembalikan rambut tersebut dan mengaku sudah menggabungkannya dengan benda koleksi lainnya dari Abraham Lincoln, Napoleon Bonaparte, Marilyn Monroe, Albert Einstein dan lainnya

8. Meskipun bersifat pendiam, Neil Armstrong pernah muncul di iklan televisi Chrysler, Produsen otomotif dari Amerika Serikat. Neil bersedia melakukan ini dengan pertimbangan sejarah tentang Chrysler dan juga karena ingin membantu perusahaan tersebut keluar dari krisis keuangan

Manusia Pertama di Bulan Dimakamkan di Laut

Manusia pertama di bulan akan dimakamkan di laut, seperti diungkapkan juru bicara untuk keluarga Neil Armstrong pada Kamis.


“Saya rasa itu akan menjadi pemakaman pribadi,” ungkap Rick Miller kepada AFP.


Ia mengatakan bahwa rincian lebih lanjut mengenai upacara pemakaman belum diketahui.


Acara pemakaman Neil Armstrong akan diselenggarakan setelah penghormatan publik pada 13 September di ibu kota Amerika Serikat.


Pimpinan NASA Charles Bolden, astronaut, mantan astronaut dan pejabat lainnya diperkirakan akan menghadiri acara di Washington National Cathedral untuk memberikan penghormatan kepada Armstrong, yang meninggal pada 25 Agustus di usia 82 tahun.


Armstrong masuk ke dalam buku-buku sejarah pada 20 Juli 1969, ketika ia menjadi orang pertama yang berjalan di atas permukaan bulan, yang yang secara terkenal menyebut itu “satu langkah kecil untuk seseorang, satu lompatan besar bagi umat manusia.”


Katedral Washington memiliki kaca patri Jendela Ruang Angkasa, dan menyimpan batu bulan yang dibawa pulang oleh Armstrong dan sesama astronout Buzz Aldrin dari misi Apollo 11.


Acara pekan depan itu dijadwalkan akan dimulai pada pukul 10.00 pagi waktu setempat (1400 GMT).


Sejumlah bendera dikibarkan setengah tiang di seluruh Amerika Serikat pekan lalu, saat keluarga, sahabat, dan sesama astronaut lainnya berkumpul di Ohio untuk mengenang Armstrong dalam sebuah acara pribadi.

No comments:

Post a Comment