Monday, March 7, 2011

manfaat tanaman srikaya


Srikaya menyimpan sejuta khasiat kesehatan. Buah yang juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, salah satunya bermanfaat untuk kecantikan.

Srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit jantung, seperti dikutip dari laman Times of India.

Jika ingin mempercantik kulit secara alami, konsumsilah srikaya secara rutin. Buah ini mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata.

Tidak hanya itu, buah yang biasa dijadikan selai dalam roti ini ternyata juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, dan mengobati diare serta disentri.

Itu sebabnya, sangat penting untuk menyertakan buah ini dalam diet harian Anda. Buah ini mengandung magnesium yang tinggi, mampu menyeimbangkan air dalam tubuh, membantu menghilangkan asam dari sendi dan mengurangi gejala rematik serta radang sendi.

Bila sering mengalami kelelahan yang berlebihan, Anda bisa mengonsumsi srikaya. Sebab, kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan kelemahan otot.

Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia, karena buah ini tinggi kalori. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, tak ada salahnya mengonsumsi srikaya secara rutin. Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami, untuk itu baik jika buah ini dijadikan camilan atau hidangan penutup Anda.

Artikel 2

Srikaya
Nama Daerah

Aceh: Serba rabsa
Melayu: Buah nona
Lampung: Buah unah
Sunda: Manowa
Jawa tengah: Mulwo
Madura: Binuwa
Flores: Anona
Timor: Ata kase
Roti: Nonadae lok
Mongondow: Manunang
Makasar: sirikaya doke
Bugis: sirikaya susu
Kai: Boinan
Ambon: Buah nyonya
Klasifikasi

Divisi: SpermatophytaSub divisi: Spermatophyta Kelas: angiospermae Bangsa: Ranunculales Suku: Annonaceae Marga: Annona Jenis: Annona reticulata L
Ciri-ciri

Habitus: Pohon atau perdu,tinggi 7 m
Batang: berkayu, bulat, bercabang, coklat keputih-putihan
Daun: Tunggal,bulat telur sampai lanset, ujung dan pangkal meruncing,tepi rata, panjang 9-30 cm, lebar7-20 cm, pertulangan menyirip, tangkai pendek, hijau kekuningan, hijau
Bunga: Majemuk, pada cabang, tangkai 12 mm, daun kelopak kecil, bulat telur, panjang 4,5 cm, benang sari banyak, putih, tangkai sari melebar, kepala putik duduk, mahkota lanset, panjang 31 mm, lebar + 6 mm, kuning keputih-putihan
Buah: Majemuk, bulat, diameter 5-12 cm, kuning atau merah kekuningan
Biji: bersegi, licin, masih muda coklat setelah tua hitam
Akar: Tunggang, putih kotor
Kandungan Kimia

Daun dan kulit batang srikaya mengadung saponin, tlavonoida, di samping itu kulit batangnya juga mengandung alkaloida dan tanin.
Khasiat

Daun srikaya berkhasiat sebagai obat bisul, obat encok dan obat sakit kulit, biji dan kulit batangnya berkhasiat sebagai obat mencret. Untuk obat bisul dipakai 4-5 lembar daun segar Annona reticulata, dicuci, diberi kapur 1/4 sendok teh, ditumbuk sampai lumat, kemudian ditempelkan pada bisul, dibalut dengan kain bersih.

Artikel 3

Bagi masyarakat Indonesia buah srikaya sudah sangat dikenal dari jaman dulu disamping rasanya yang manis buah ini juga sangat mudah dijumpai baik di pasar maupun supermarket, hampir di setiap rumah yang berada di pedesaan pasti membudidayakan tanaman jenis ini karena banyak mengandung khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. srikaya termasuk pohon buah-buahan kecil yang tumbuh di tanah berbatu, kering, dan terkena cahaya matahari langsung. Tumbuhan yang asalnya dari Hindia Barat ini akan berbuah setelah berumur 3-5 tahun. Srikaya sering ditanam di pekarangan, dibudidayakan, atau tumbuh liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 800 m.

Sifat dan Khasiat Srikaya

Akar rasanya pahit, sifatnya dingin. Berkhasiat antiradang, antidepresi. Daun rasanya pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat astringen, antiradang, peluruh cacing usus (antheimintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses.
Biji berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu berkhasiat astringen dan tonikum. Buah muda dan biji juga berkhasiat antiparasit.

Kandungan Kimia

Akar dan kulit kayu mengandung flavonoida, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain. Di samping itu, akarnya juga mengandung saponin, tanin, dan polifenol. Biji mengandung minyak, resin, dan bahan beracun yang bersifat iritan. Buah mengandung asam amino, gula buah, dan mucilago. Buah muda mengandung tanin.
Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat, yaitu daun, akar, buah, kulit kayu, dan bijinya.

khasiat buah srikaya

Daun digunakan untuk mengatasi:
- batuk, demam,
- reumatik,
- menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi,
- diane, disentri,
- rectal prolaps pada anak-anak,
- cacingan, kutu kepala,
- pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema.
Biji digunakan untuk mengatasi:
- pencernaan lemah,
- cacingan, dan
- mematikan kutu kepala dan serangga.
Buah muda digunakan untuk mengatasi:
- diare, disentni akut, dan
- gangguan pencernaan (atonik dispepsia).
Akar digunakan untuk mengatasi:
- sembelit,
- disentri akut,
- depresi mental, dan
- nyeri tulang punggung.
Kulit kayu digunakan untuk mengatasi:
- diare, disentri, dan
- luka berdarah.

Cara meramu dan menggunakanya

- Borok, bisul keras
Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehaii, ganti 2-3 kali.
- Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.
- Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.
- Membasmi kutu anjing
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya. Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.
- Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.
- Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.
- Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.
- Diare
Cuci kulit batang srikaya (6-10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.
- Kudis
Cuci daun srikaya segar (15 lemban), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehani dua kali.
Catatan
- Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
- Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.
- Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.


Artikel 4

Tak ada informasi yang jelas mengapa buah srikaya juga sering disebut sebagai buah nona. Namun buah bernama latin Annona squamosa ini dikenal tempat makan di bogor meski daging buahnya relatif tipis akibat bijinya yang cukup besar.
Manfaat buah srikaya ini sangat banyak. Selain itu bagian tanaman lainnya, seperti daun, pohon, maupun bijinya juga dimanfaatkan sebagai obat.Buah srikaya berbentuk bulat yang khas dengan kulit buah yang banyak memiliki mata seperti buah. Warna kulit hijau keabu-abuan sedangkan daging buahnya berwarna putih. Biji srikaya sering dijadikan dolanan dakon, jenis permainan tradisonal yang masih sering dilakukan anak-anak hingga sekarang.
Salah satu manfaat buah srikaya yang sudah dikenal adalah sebagai anti , menyembuhkan sembelit, dan melancarkan pencernaan. Kandungan gizi utama buah srikaya meliputi energi yang mencapai 101 kalori untuk setiap 100 gram, karbohidrat 35,2 gram, dan protein 1,7 gram, dan serat 0,7 gram.Begitu juga dengan kandungan mineralnya yang cukup besar adalah kalsium sebanyak 27 mg, fosfor 20 mg, dan zat besi 0,8 mg. Sedangkan kandungan vitaminnya yang cukup banyak adalah vitamin C sebanyak 22 mg, sedangkan B1 hanya sebanyak 0,08 mg, dan B2 (0,04 mg).
Pada sejumlah penelitian, juga ditemukan sejumlah senyawa pada buah srikaya yang telah masak. Diantaranya asam aminobutirat, arginin, ornitin, serta sitrulin yang berguna dalam mengatasi berbagai jenis parasit, khususnya yang menyerang kulit.
Manfaat buah srikaya juga ditemukan pada bagian pohon lainnya yang hampir semuanya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Diantaranya biji srikaya banyak mengandung senyawa poliketida dan sejumlah unsur dari turunan bistetrahidrofuran. Kandungan ini sangat berguna untuk merangsang enzim dan membunuh serangga.Karena manfaatnya ini, maka serbuk biji buah srikaya juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kepala, gatal-gatal pada kulit tubuh, eksim, maupun penyakit lain akibat kutu. Termasuk untuk membersihkan kutu pada hewan peliharaan, seperti anjing ataupun kucing.Daun srikaya yang rasanya pahit bermanfaat untuk mengatasi bisul, sebagai anti radang, dan menyembuhkan penyakit cacing usus. Akar maupun kulit kayu srikaya banyak dimanfaatkan sebagai herbal karena khasiatnya yang besar sebagai anti radang, anti depresi, dan sebagai tonikum untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan dan kebugaran.

No comments:

Post a Comment